Trimegah Bangun Persada

Ekologi Perairan

keberlanjutan

TBP secara rutin melakukan pemantauan ekologi perairan sekitar wilayah operasional

Yang meliputi kondisi kualitas air laut dan air permukaan, plankton, bentos, terumbu karang, ikan (ikan karang dan ikan air tawar), megabentos, kandungan logam dalam jaringan ikan, serta kualitas dan karakteristik sedimen.

Sejalan dengan komitmen untuk menjaga kondisi ekologi perairan di sekitar wilayah operasional kami, kami tidak menggunakan penempatan tailing di laut dalam. Sebaliknya, kami menggunakan penempatan di darat yang terpelihara dengan baik untuk menempatkan sisa hasil pengolahan dari pabrik pengolahan nikel kami sesuai izin pemerintah.

Salah satu alat yang kami manfaatkan untuk memantau lingkungan laut di sekitar wilayah operasional adalah ROV (Remotely Operated Vehicle). Dengan kemampuan selam hingga kedalaman 300 meter di bawah permukaan laut, alat ini sangat bermanfaat dalam pemantauan keanekaragaman hayati bawah laut, serta perawatan dan pengamatan kondisi bangunan bawah air seperti pilar dermaga, pipa, dan lainnya.

keberlanjutan

TBP juga menyadari pentingnya keberlangsungan keanekaragaman hayati di perairan setempat. Upaya yang telah dilakukan antara lain penanaman lebih dari 1.000 mangrove dan terumbu karang buatan (artificial reef). Program ini diharapkan mampu menjaga keberadaan ikan karang dan biota laut lainnya. Dalam pelaksanaannya, kami melibatkan akademisi dan masyarakat, khususnya anak muda setempat, agar seluruh pihak memiliki semangat dan kesadaran yang sama akan pentingnya terumbu karang bagi kehidupan.

keberlanjutan

Go Top